6 Ciri Makanan Sehat untuk Anak

6 Ciri Makanan Sehat untuk Anak

 Memberikan makanan yang berkualitas dan bergizi untuk anak sangatlah penting. Hal ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Anak juga bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas jika mereka selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut adalah 6 ciri makanan sehat untuk anak yang perlu Anda ketahui.

  1. Gizi Seimbang

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh anak harus memiliki karbohidrat, lemak, dan protein. Tak hanya itu, makanan tersebut juga harus mengandung mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak.

Zat besi serta kalsium juga menjadi zat gizi yang sangat dibutuhkan di masa pertumbuhan anak. Pastikan semua makanan yang dikonsumsi sudah memiliki gizi lengkap. Orang tua perlu memberikan makanan yang bervariasi agar kebutuhan gizi bisa tercukupi dengan baik.

  1. Memiliki Serat

Bahan makanan yang dikonsumsi anak juga perlu mengandung serat. Seperti kita tahu bahwa serat berperan penting menjaga kelancaran sistem pencernaan kita. Sayur dan buah menjadi sumber serat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Orang tua perlu mencari berbagai cara agar anak terbiasa makan sayur dan buah secara rutin.

  1. Bebas Pengawet

Tentu kita semua tahu kalau bahan pengawet yang ada di dalam makanan tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika makanan tersebut akan dikonsumsi anak-anak. Oleh karena itu penting sekali untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bebas dari pengawet.

Salah satu cara yang efektif untuk memastikan makanan bebas pengawet adalah dengan mengolahnya sendiri. Anda bisa memasak makanan sendiri dengan bahan-bahan makanan yang alami dan tidak mengandung pengawet apapun. Hindari juga penggunaan MSG dalam jumlah yang berlebihan demi kesehatan.

  1. Porsi yang Cukup

Makanan yang sehat tidak hanya dilihat dari kandungannya tapi juga jumlah atau porsinya. Berikan makanan pada anak tercinta dalam porsi yang cukup. Setiap anak memiliki porsi makan yang berbeda-beda dan orang tua perlu mengenalinya.

Menyajikan makanan dalam porsi cukup akan membantu anak mendapatkan asupan gizi dengan wajar. Anak juga tidak akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas karena menerima makanan dalam jumlah yang tepat.

  1. Terjaga Kebersihannya

Salah satu ciri penting makanan yang sehat adalah terjaga kebersihannya. Makanan yang dikonsumsi anak harus dalam kondisi yang bersih. Ada baiknya Anda mengolah makanan sendiri di rumah agar bisa dipastikan kebersihannya. Biasakan juga Anak untuk makan makanan olahan rumah dan membawa bekal saat keluar rumah.

Selalu cuci bahan makanan dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Masak bahan makanan dengan peralatan yang sudah dicuci dengan benar. Selain itu, pastikan kondisi dapur dan perlengkapan makan juga dalam kondisi yang bersih.

  1. Makanan Matang Sempurna

Pengolahan bahan makanan harus dilakukan dengan benar untuk memastikan makanan matang sempurna. Hal ini disebabkan tingkat kematangan makanan menjadi salah satu ciri bahwa makanan aman dikonsumsi. Apalagi untuk anak-anak yang masih sangat rentan terinfeksi bakteri akibat makan makanan yang mentah.

Banyak orang lebih suka makan makanan mentah atau setengah matang. Namun, sebaiknya pastikan bahan makanan diolah dengan benar dan matang sebelum disajikan kepada anak. Kecuali untuk jenis bahan makanan yang memang aman dikonsumsi mentah seperti buah misalnya.

Itulah tadi 6 ciri makanan sehat untuk anak. Anda harus memastikan bahwa makanan anak Anda sudah memenuhi ciri-ciri tersebut. Memberikan makanan yang sehat kepada anak akan sangat membantu anak tumbuh sehat hingga dewasa nanti.

shares